26 Dec, 2020

Thirteen Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Setiap ibu hamil dan menyusui wajib memberikan asupan nutrisi lemak sehat sebagai cadangan energi untuk pertumbuhan janin dan bayi. Selain itu, makanan sehat untuk ibu hamil satu ini juga baik untuk pertumbuhan otak dan sistem saraf janin dan bayi. Namun, konsumsi lemak ini perlu dibatasi dan disikapi dengan bijak agar tidak menyebabkan obesitas pada bayi dan si ibu. Pada setiap tahap kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan makanan dengan kandungan zat-zat gizi yang berbeda-beda.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Kiwi bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran napas, sehingga ibu hamil dapat meminimalkan risiko batuk dan flu dengan konsumsi buah ini. Karbohidrat sangat penting karena Ibu hamil membutuhkan energi yang lebih banyak untuk mendukung pertumbuhan si kecil dalam kandungan. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat diperlukan bagi setiap Ibu hamil. Jenis-jenis ikan seperti salmon dapat menjadi sumber vitamin D yang baik bagi Mama dan janin didalam kandungan. Selain itu, kandungan asam lemak omega 3 nya juga sangat berguna untuk perkembangan janin. Pasalnya, kacang tersebut bisa dijadikan sumber asam folat, serat, protein, zat besi, dan kalsium yang diperlukan tubuh selama kehamilan.

Beberapa buah bahkan bagus jika dikonsumsi di awal kehamilan untuk meredakan gejala mual dan muntah. Tidak seperti biji-bijian olahan, biji-bijian utuh , termasuk oat, quinoa, brown rice, dan barley, dikemas dengan serat, vitamin, dan mineral. Bahkan beberapa biji-bijian utuh seperti oat dan quinoa, juga mengandung cukup banyak protein dan magnesium, yang berperan penting untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi yang sehat. Daging tanpa lemak menjadi salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi selama menjalani masa kehamilan. Istilah daging tanpa lemak bukan berarti sama sekali tidak mengandung lemak, hanya saja kandungan lemak di dalamnya sangat sedikit jika dibandingkan dengan bagian daging berlemak. Seluruh makanan di atas sangat penting dikonsumsi ibu hamil baik untuk kesehatan baik dalam kandungan dan juga untuk kesehatan si ibu sendiri.

Luasnya potongan TGS ini menunjukkan porsi konsumsi setiap orang per hari. Karbohidrat dikonsumsi porsi, sayuran porsi sedikit lebih besar dari buah, buah 2-3 porsi, serta protein hewani dan nabati porsi. Kembali ke pembahasan tentang makanan yang harus dicuci dengan bersih karena berpotensi terkontaminasi bakteri dari tanah atau air. Selalu pastikan sayuran dan buah yang ibu hamil konsumsi sudah benar-benar bersih. Cuci di bawah air yang mengalir juga akan membantu kebersihan lebih optimal.

Untuk menjaga ibu hamil dan janin tetap sehat, usahakan untuk memasak semua daging olahan sampai benar-benar matang. Kalau tidak, bakteri seperti Salmonella, Campylobacter, E.coli, juga parasit bisa mengancam. Perbanyak susu dan produk olahannya termasuk keju dan yogurt, kentang, salmon, serta udang untuk mencukupi 220 mg yodium setiap hari selama masa kehamilan. Jangan lupa untuk memantau kondisi kesehatanmu secara rutin ya, Gengs! Melalui buku kesehatan, Kamu dapat menghitung kalori harian, cek IMT, masa subur wanita, hingga prediksi kelahiran si Bayi. Tidak hanya untuk kesehatan Ibu, tapi juga untuk calon bayi di kandungan.

About : Jaya