27 Dec, 2020

Sehat

Sementara, folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Air mineral adalah unsur penting yang berguna untuk menyebarkan nutrisi menuju janin dari makanan yang dikonsumsi Ibu hamil. Jika Ibu yang sedang mengandung tidak mendapat cairan yang cukup, maka potensi bayi lahir prematur akan semakin besar. Tak hanya air mineral saja, cairan ini bisa didapatkan dari susu, jus, dan makanan yang mengandung air.

Jumlah tambahan mineral ini dibutuhkan untuk membuat lebih banyak darah untuk memasok bayi dengan oksigen. Untuk vitamin B ini sangat bagus bagi perkembangan otak janin sehingga Moms dianjurkan mengkonsumsinya 2-3 kali dalam seminggu. Gandum dapat menguragi risiko obesitas dan diabetes saat masa kehamilan.

Baik itu daging sapi, ayam, maupun ikan, memiliki kandungan protein sama baiknya. Selain itu, daging juga mengandung zat besi yang penting untuk sel darah merah, yang berfungsi vital mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Saat trimester pertama janin akan membutuhkan 400 mikrogram asam folat per hari.

Sebenarnya, tidak ada pantangan tertentu dalam hal konsumsi makanan selama Mam dalam keadaan sehat. Ini tentu dengan pengecualian jika Mam memiliki kondisi kesehatan atau alergi tertentu sehingga harus mengikuti pola makan yang dianjurkan dokter. Kebutuhan asam folat dan kalsium untuk ibu hamil dapat diperoleh dari jenis kacang-kacangan yaitu buncis. Kurangi kadar garam ketika memasak untuk mengurangi resiko darah tinggi pada masa kehamilan. Pola makan kehamilan yang sehat mengandung banyak keseimbangan vitamin, mineral, dan nutrisi yang sama dengan pola makan sehat pada umumnya.

Sayuran hijau ini juga sangat baik untuk mencegah terjadinya perut sembelit. Sedangkan untuk bayi sendiri, sayuran hijau dapat menghindari terjadinya berat badan yang rendah pada bayi. Oleh karena itu biasakan mengkonsumsi sayuran hijau saat anda hamil, demi kebaikan anda dan bayi dalam kandungan.

Vitamin A juga sangat penting untuk pertumbuhan dan diferensiasi sel serta jaringan sehingga janin dapat berkembang dengan sehat. Selain berbagai makanan yang dibutuhkan di atas, sejumlah makanan juga perlu dibatasi konsumsinya oleh ibu hamil, untuk menjaga kondisi tubuh dan juga janinnya. Nah, makanan yang harus dibatasi adalah yang mengandung banyak gula.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Untuk nutrisi yang lebih maksimal, carilah makanan sehat untuk ibu hamil yang memiliki sumber karbohidrat juga kaya akan serat. Pasalnya karbohidrat dan serat merupakan nutrisi sebagai sumber energi untuk beraktivitas. Untuk memenuhi nutrisi tersebut, Bunda disarankan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Kebutuhan nutrisi bisa didapat dari gandum, buah-buahan, sayur, susu, atau makanan berprotein dan rendah lemak.

About : Jaya