28 Dec, 2020

Makanan Ibu Hamil Muda?

Pesan tersebut mengisyaratkan kita untuk makan sesuai dengan kebutuhan tubuh dalam arti tidak kurang dan tidak berlebih. Untuk itu perlu kiranya kita mengkaji seberapa besar kebutuhan gizi pada saat kehamilan. Tidak ada sesuatu yang dipenuhkan lebih buruk dari perut, kalaupun terpaksa dipenuhkan, maka biarlah sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk pernafasan. Saat berpuasa, ibu hamil juga tetap membutuhkan asupan air mineral dalam jumlah yang cukup.

Jadi, Bunda tak perlu khawatir bosan untuk menikmati makanan sehat ini. Buah kering mengandung serat, kalori, dan berbagai vitamin serta mineral yang tinggi. Satu buah kering biasanya mengandung jumlah nutrisi setara dengan buah segar, meski tanpa kandungan air dan bentuk yang lebih kecil. Saat berpuasa, ibu hamil dan menyusui harus memenuhi gizi seimbang makronutrien dan mironutrin. Di mana kita harus tahu jenis makanan apa saja yang harus dikonsumsi selama Ramadan untuk dapat memenuhi nutrisi kita dan Si Kecil. Jika Anda menginginkan bayi Anda memiliki rambut yang tebal dan kuat, Anda perlu mengonsumsi makanan tertentu dalam makanan Anda secara teratur.

Stroberi, bluberi, blackberi memiliki kandungan serat, antioksidan, dan vitamin C yang tinggi. Cara ini tentunya jadi memudahkanmu yang butuh lebih banyak istirahat di rumah untuk menjaga kandunganmu. Makanan tersebut bisa diganti dengan makanan rendah lemak seperti buah segar, jagung kukus, yogurt, es krim rendah lemak, kroket atau risoles isi sayuran. Kurangi kudapan siap saji, karena banyak mengandung kalori, lemak dan tinggi garam.

Studi yang dilakukan oleh Randomized Controlled Trial menunjukkan bahwa makan satu porsi pistachio per hari bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Vitamin D dapat membantu membangun tulang dan gigi bayi yang sedang berkembang. Makanan yang baik untuk ibu hamil yang bisa Moms konsumsi adalah ikan salmon. Makanan sehat untuk ibu hamil 5 bulan yang kaya akan kalsium meliputi kiwi, mulberry, ara kering, dan juga buah kurma. Berdasarkan jurnal dari National Institutes of Health, asupan zat besi harian untuk ibu hamil 5 bulan direkomendasikan adalah 27 miligram. Untuk ibu yang hamil di bulan kelima, American Pregnancy Association mengungkapkan bahwa Moms harus mengonsumsi setidaknya 347 kalori ekstra per hari dan menambah berat badan.

Trimester II, kebutuhan kalori akan meningkat untuk kebutuhan ibu yang meliputi penambahan volume darah, pertumbuhan uterus, payudara dan lemak. Prinsip gizi seimbang dinilai akan sangat efektif bila dilakukan mulai ibu hamil hingga anak yang dilahirkannya berumur 2 tahun. Masa ini termasuk masa kritis yang sangat menentukan kualitas hidup manusia yang akan datang, sehingga sering disebut masa kehamilan adalah periode window of alternative.

Konsumsilah kacang dengan kulit berwarna cokelat yang mengandung serat tinggi, untuk mengurangi risiko sembelit. Perlu diperhatikan, makanlah kacang-kacangan tanpa digoreng atau dilapisi zat lain, untuk menghindari tingginya kalori dan lemak. Apabila Mum bosan mengonsumsi kacang yang utuh, cobalah hancurkan kacang dan nikmati sebagai taburan di atas yoghurt. Asam folat adalah vitamin alami yang dapat ditemukan dalam bayam, kubis, brokoli, kacang hijau, dan kentang. Selain vitamin alami selama masa kehamilan diperlukan untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung asam folat untuk membantu mengurangi resiko bayi lahir dengan masalah tulang belakang.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi air putih tidak kurang dari 2,3 liter per hari. Jika kehamilan Bunda ditetapkan berisiko tinggi, dokter mungkin akan menyarankan pilihan olahraga lainnya. Penyebab perut kembung saat hamil adalah janin di dalam kandungan semakin membesar, yang menekan rongga perut ibu. Kondisi ini yang membuat sistem pencernaan menjadi lebih lambat fungsinya saat mengolah makanan. Anda juga bisa konsumsi sayuran seperti brokoli, sawi, bayam, atau kangkung untuk penambah tenaga dan gizi.

About : Jaya