15 Dec, 2020

Ini Vitamin Yang Dibutuhkan Ibu Hamil Untuk Tangkal Virus!

Namun, perubahan sistem imun yang terjadi pada kehamilan dapat membuat ibu hamil lebih rentan terkena infeksi virus Corona dan lebih berisiko mengalami gejala penyakit yang berat dan fatal. Nutrisi sebelum dan selama masa kehamilan akan mempengaruhi kesehatan ibu serta janin yang dikandungnya. Dengan asupan gizi ibu hamil yang baik, risiko komplikasi saat persalinan, kecacatan bayi, penyakit kronik di masa yang akan datang dapat berkurang.

Olahraga menjadi bagian penting dari pola hidup sehat, termasuk ibu hamil. Dengan melakukan aktivitas fisik, peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh akan makin lancar. Olahraga juga akan memperkuat otot, mengurangi stres saat hamil, hingga mendukung kecerdasan bayi sejak dalam kandungan. Tidak hanya itu, makan makanan bergizi secara teratur juga bertujuan untuk mengontrol berat badan ibu hamil agar tetap sehat dan best. Dengan memakan makanan bergizi, stamina ibu dapat bertambah dan risiko komplikasi kehamilan jadi berkurang sehingga akan meningkatkan kesehatan bumil secara keseluruhan. Kondisi kesehatan selama kehamilan sangat bergantung pada pola hidup sehat yang diterapkan ibu hamil.

Setiap vaksin itu bekerja dengan tujuan serupa, yaitu membentuk antibodi di dalam tubuh untuk melawan infeksi virus corona SARS-CoV-2. Walau demikian, setiap vaksin memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Karena itu, ada kemungkinan vaksin yang digunakan setiap negara berbeda, sesuai dengan aturan penggunaan vaksin di negara tersebut. Ibu hamil dan menyusui juga wajib menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, tidak merokok, dan pastikan waktu tidur cukup.

Katanya, makan mi instan terlalu banyak justru bisa membuat tubuh jadi tak sehat. Ia mengungkapkan peran PKK di setiap wilayah harus dioptimalkan, karena masih banyak stigma negatif masyarakat tentang keberadaan PKK. “PKK jaman now tak hanya soal berkumpul dan arisan, di period terkini PKK memiliki peran penting dalam keluarga dan masyarakat,” katanya. “Peran kader adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai kesehatan oleh karena itu pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan keterampilan kader,” jelasnya. Untuk diketahui Stunting merupakan permasalahan gizi kronik yang mengakibatkan tumbuh kembang anak terhambat.

Pada kondisi yang parah, infeksi virus ini dapat menyebabkan gagal napas akut, pneumonia yang berat, edema paru, kegagalan fungsi organ-organ tubuh, hingga kematian. Infeksi virus Corona pada ibu hamil tidak hanya bisa menyebabkan gejala yang berat pada ibu, tapi juga berisiko membahayakan bayi yang dikandungnya. Oleh karena itu, tindakan pencegahan perlu dilakukan agar ibu hamil tidak mudah tertular virus Corona. Menggunakan masker adalah salah satu cara pencegahan penularan penyakit saluran napas, termasuk infeksi Covid- 19.

Cara agar terhindar covid bagi ibu hamil

Kita tidak bisa memukul rata hal ini karena ada juga bayi yang terus bergerak di dalam perut pada saat sebelum ibu mengalami kontraksi. Rasa mual yang kian menggeluti dapat menghilangkan nafsu makan Mamy. Padahal janin yang ada di dalam perut membutuhkan cukup asupan nutrisi agar tumbuh kembangnya stabil.

Tentu hal ini harus menjadi perhatian bagi ibu yang tengah mengandung dan ingin periksa kehamilan. Tenaga medis merekomendasikan kepada ibu hamil untuk tidak disuntik vaksin virus corona (Covid-19), mengingat information pendukung bagi ibu hamil masih sangat terbatas. Para ahli yang tergabung dalam POGI mengatakan Diperlukan konsultasi ke spesialis obstetri dan spesialis terkait untuk melakukan skrining antenatal, perencanaan persalinan dalam mencegah penularan Corona. Menjelang persalinan, biasanya ibu hamil akan lebih sering mengunjungi dokter.

Perawat membantu help system dan membantu komunikasi pasien dengan keluarga dengan memanfaatkan teknologi. Laporkan jika ada gejala demam, sakit tenggorokan, batuk atau sesak nafas. Pada trimester III atau menjelang waktu persalinan, periksa kehamilan harus lebih sering dilakukan. Pemeriksaan berkala bisa dilakukan pada saat usia kandingan 28 minggu, 32 minggu dan 36 minggu. “Vitamin C itu ternyata antioksidan. Karena banyak oksidan dalam tubuh yang mengganggu sel limfosit tadi. Jadi, vitamin C harus dimakan juga agar bisa menghilangkan oksidan dalam tubuh,” tutur dokter Irvan.

Bukti non-klinis menjadi syarat permulaan uji klinis dalam pengembangan vaksin. Saat ini bukti dari studi non-klinis terhadap beberapa vaksin Covid telah diterima dan ditinjau oleh WHO. Dalam bukti itu, tidak ditemukan hal yang mengkhawatirkan terkait dengan kehamilan. Setelahnya, masker harus dicuci menggunakan sabun dan air, dan dipastikan bersih sebelum dipakai kembali. Hindari juga menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak bersih. Cadee pun menyarankan para ibu hamil untuk mencari tahu solusi dari tenaga kesehatan, maupun komunitas untuk mendapatkan banyak informasi yang membantu selama kehamilan.

, obat-obatan seperti obat demam dan pereda nyeri, suplemen, hingga minyak kayu putih. ibu hamil yang postif Covid berisiko lebih besar membutuhkan perawatan intensif dibandingkan dengan perempuan lain yang positif Covid-19, tapi tidak hamil. Menjaga kehamilan saat Covid yang belum ada tanda-tanda akan berakhir, tentu bukan hal mudah.

About : Jaya