27 Dec, 2020

Gizi Untuk Ibu Hamil Dalam Pandangan Islam

Hal ini dikarenakan kedua jenis makanan tersebut mengandung segala nutrisi yang baik bagi perkembangan janin. Sebaiknya Ibu hamil sertakan sayur-sayuran dan buah-buahan dalam makanan sehari-hari untuk mendapatkan asupan vitamin, serat, mineral, asam folat, kalsium, dan zat penting lainnya. Misalnya, Anda dapat memilih satu buah alpukat berukuran sedang yang mengandung asam folat, vitamin B6, vitamin C, potasium, serta serat. Selain itu, brokoli juga bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk mendapatkan asam folat dan kalsium harian bagi si kecil dalam kandungan. Makanan sehat lainnya yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan yaitu ikan salmon.

Ikan merupakan sumber protein dan omega-3 yang dapat meningkatkan perkembangan otak bayi. Saat hamil jangan biarkan tubuh mengalami dehidrasi karena hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil juga buruk bagi perkembangan janin dalam kandungan. Orang normal biasanya dianjurkan mengkonsumsi air putih minimal eight gelas perhari. Saat anda hamil anda wajib mengkonsumsi minimal air putih 10 gelas per harinya. Mengkonsumsi air putih hangat maupun dingin sama baiknya untuk tubuh.

Karena apa yang makanan ibu hamil pasti juga akan dikonsumsi oleh janin. Jadi kalau Moms tidak makan makanan bergizi untuk ibu hamil atau hanya makan sedikit saja, maka janin tidak bisa mendapat asupan nutrisi dan gizi yang cukup. Saat hamil, setidaknya Moms harus mengonsumsi makanan ibu hamil hingga 2x lipat dari porsi yang biasa karena makanan yang sehat untuk ibu hamil tersebut untuk dua orang. Pengaruh negatif ini diantaranya bisa menimbulkan penyakit bahkan keracunan pada ibu hamil. Selain itu, anda harus memperhatikan keamanan makanan yang akan anda konsumsi. Baik daging ayam maupun daging sapi, keduanya menyumbangkan protein yang mampu mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil dan menyusui.

Asam amino yang Moms dapatkan dari protein, akan membantu pertumbuhan Si Kecil dengan cepat. Saat hamil tua, Moms harus memastikan asupan zat besi tidak kurang dari 27 mg sehari. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk Moms dan bayi dalam kandungan.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Agar kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi, gunakan susu rendah lemak ya, Bun. Konsumsi makanan bergizi untuk ibu hamil dilakukan agar kebutuhan nutrisi saat hamil tercukupi dengan baik. Meski demikian, ibu hamil perlu untuk memerhatikan apa yang dikonsumsinya. Pasalnya, ada makanan bergizi yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi selama kehamilan, seperti telur dan daging mentah, serta produk olahan susu yang belum melewati proses pasteurisasi. Banyak mengonsumsi serat juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga gasoline yang menyebabkan perut kembung, tidak menumpuk di dalam perut dan usus. Makanan tinggi serat yang bisa dikonsumsi ibu hamil adalah gandum, pisang, buah plum, sayuran hijau dan lain sebagainya.

About : Jaya