17 Dec, 2020

Cegah Stunting Dengan Gizi Seimbang Saat Menyusui

Sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter tentang konsumsi obat-obatan pada masa kehamilan. Selain kaya protein, susu merupakan sumber kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan janin, serta membantu memperkuat kandungan. Sebaiknya wanita hamil mengonsumsi susu murni yang telah mengalami proses pasteurisasi dan sterilisasi agar terbebas dari bakteri jahat. Kacang-kacangan, khususnya legume dan polong, ternyata bisa menjadi makanan penguat kandungan. Pasalnya, kacang polong mengandung banyak serat dan protein yang baik untuk wanita hamil. Kacang hijau juga baik dikonsumsi selama menunggu kelahiran si kecil, lho!

Cara agar terhindar covid bagi ibu hamil

Bahkan, sebagian dokter melarang pemakaian obat hingga usia kehamilan 28 minggu. Sejumlah jenis obat dianggap aman sesudah kehamilan melewati minggu ke-12. Yang perlu diingat, hindari obat yang bisa mengatasi beberapa gejala sekaligus, sebaiknya pilihlah satu obat guna mengatasi satu gejala yang benar-benar mengganggu. Untuk meredakan rasa sakit dan demam, Ibu bisa mengonsumsi parasetamol. Sementara beberapa jenis obat sebaiknya dihindari karena mampu meningkatkan risiko kehamilan, seperti kodein, dan aspirin.

Sejak memasuki masa new normal, seluruh resort di Indonesia juga telah menerapkan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah tamu dan mengurangi kegiatan yang mengundang keramaian. Rajin cuci tangan dapat membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit yang rawan menyerang selama kehamilan. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, misalnya gorengan. Sebaliknya, perbanyaklah konsumsi ikan laut , alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak zaitun.

Hal ini dapat terlihat dari perawakan anak yang memiliki tinggi badan di bawah rata-rata anak seusianya. BPA dan ftalat diyakini sebagai pengganggu endokrin yang bisa mengganggu fungsi normal hormon manusia dan buruk untuk kesehatan. Ketika makanan ditempatkan dalam wadah plastik kemudian dipanaskan ke dalam microwave, BPA dan ftalat dapat bocor sehingga masuk ke dalam makanan. Kebiasaan meniup makanan panas ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh. Tips kesehatan kali ini membahas tentang protokol pencegahan penularan Covid-19.

Joint Committee on Vaccination and Immunisation di Inggris menyebutkan ada manfaat potensial vaksinasi Covid untuk ibu hamil dengan kondisi tertentu. Di antaranya ibu hamil yang berisiko tinggi tertular Covid, misalnya tenaga kesehatan. Begitu juga bagi ibu hamil yang berpotensi mengalami komplikasi penyakit serius ketika terinfeksi Covid atau memiliki penyakit penyerta. Adapun Kementerian Kesehatan belum merekomendasikan vaksinasi Covid pada ibu hamil. Menutup mulut saat batuk dan bersin wajib menggunakan tisu atau tangan.

About : Jaya