24 Dec, 2020

Asi Keluar Saat Hamil

Agar kualitas dan kuantitas ASI terjaga, ibu menyusui perlu mengonsumsi aneka makanan bergizi. Moms bisa mengonsumsi makanan apa saja, asalkan kaya nutrisi dan diproses dengan cara yang tepat. Dengan begitu, ASI untuk Si Kecil pun menjadi semakin lancar dan berkualitas.

Khasiatnya pun tak kalah menjanjikan bagi tumbuh-kembang bayi. Misalnya, vitamin A untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi terhadap infeksi hingga kalsium untuk meningkatkan fungsi otot dan syaraf. Semua nutrisi dan juga kandungan untuk kekebalan tubuh si kecil ada pada ASI. Nah, untuk mempersiapkan ini, ada baiknya mulai melakukan perawatan payudara sejak masih hamil. Berbagai jenis buah untuk ibu hamil memang sangat menyehatkan.

Ubi jalar juga mengandung serat yang bagus bagi pencernaan, vitamin A karotenoid, dan kalium. Tidak hanya melimpah, ASI yang dihasilkan dari ibu yang mengonsumsi pare juga lebih kental sehingga membuat bayi cepat kenyang. Daun katuk biasanya diolah menjadi sayur bening sehingga dengan mudah dapat dikonsumsi busui. Biji wijen hitam merupakan sumber kalsium yang dipercaya dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI.

Selain kelelahan fisik, Ibu juga harus menyadari adanya kelelahan psychological selama kehamilan. Untuk mengatasi hal ini, berikan waktu istirahat yang cukup untuk diri Mum dan turunkan tuntutan dan harapan selama masa kehamilan. Jika payudara masih terasa tegang dan tidak nyaman, Anda bisa mandi dengan air hangat.

Cara untuk ibu hamil banyak asi

Jangan lupa untuk memperbanyak do’a supaya proses menyusui berjalan lancar. Manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya untuk bertanya dan buat perencanaan untuk melakukan Inisiasi Menyusu Dini segera setelah bayi lahir. Tanyakan secara detail mengenai tahapan dalam melakukan IMD untuk meningkatkan keberhasilan menyusui dan demi mendapatkan banyak manfaat dari proses IMD itu sendiri. Pemakaian obat selama hamil hanya atas petunjuk bidan atau dokter, terutama menjelang persalinan agar tidak berpengaruh terhadap proses menyusui. Supaya bisa menyusui dengan lancar, perlu dilakukan perawatan pada payudara sejak masih hamil. Kelenjar Montgomery daerah areola tampak lebih nyata dan menonjol.

About : Jaya