14 Dec, 2020

Asi Cetak Manusia Berkualitas

Tahukah Moms, makanan untuk meningkatkan kualitas ASI bisa didapat dari jenis ikan-ikanan? Namun, untuk membuat ASI berkualitas dan kental, jenis ikan yang paling baik adalah ikan salmon. Ikan salmon memiliki kandungan omega 3 berjenis EPA dan DHA . DHA sangat bagus bagi perkembangan saraf dan meningkatkan kecerdasan Si Kecil, sedangkan EPA baik untuk jantung dan pembentukan sel darah. Namun, pastikan Bunda memasak ikan salmon hingga matang, karena untuk mengantisipasi adanya kuman penyakit di makanan sehat untuk ibu menyusui satu ini. Jaga pola makan seimbang sesuai dengan piramida makanan, ditambah gizi mikro.

Bayam juga memiliki enzim fitoestrogen yang berpengaruh untuk memperlancar ASI. Ibu hamil dan menyusui biasanya rentan sekali kehilangan zat besi. Di mana manfaat zat besi adalah untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Ingatlah untuk tidak mengurangi makan pada saat masa memberikan ASI untuk si kecil. Tidak hanya bisa mengurangi nutrisi untuk si kecil, juga berbahaya bagi kesehatan ibu.

ASI mengandung semua zat gizi yang diperlukan bayi untuk tumbuh kembangnya, terutama selama 6 bulan pertama kehidupan bayi. Kandungan zat besi yang tinggi tersebut dikenal efektif untuk meningkatkan suplai ASI ibu menyusui. Untuk menyukseskan ASI eksklusif selama 6 bulan, jangan berikan bayi susu method. Susu formula atau makanan lain pada bayi bisa membuat bayi kenyang. Akibatnya, konsumsi ASI berkurang dan otomatis isapan bayi pada payudara ibu pun berkurang.

Bagaimana cara mendapatkan ASI berkualitas

Gerakan pijatan ini memicu hormon prolaktin dan oksitosin yang mendukung produksi ASI. Hormon oksitosin membuat payudara berkontraksi sehingga dapat melepas ASI dengan lebih lancar. Tidak hanya itu, pijatan dapat pula mengurangi keluarnya hormon kortisol yang biasa dikeluarkan tubuh saat Anda mengalami stres. Dengan ditekannya hormon kortisol, pengeluaran hormon prolaktin dan oksitosin menjadi tidak terganggu.

Posisi menyusui juga berpengaruh terhadap kualitas produksi ASI. Untuk itu, ibu harus banyak mencari referensi cara menyusui bayi yang benar. Bisa juga bertanya kepada bidan atau orang yang telah berpengalaman. Jangan terlalu sering menggunakan menggunakan botol susu, karena akan membuat bayi kebingungan. Penggunaan botol susu dapat membuat isapan bayi ke payudara ibu menjadi tidak efektif.

Bahkan, bila perlu ibu harus mengonsumsi aneka makanan yang bisa membantu dalam produksi ASI. Bayi lahir dengan cairan ekstra, yang terdapat dalam jaringan tubuh mereka. Cairan ini berguna untuk asupan mereka, sebelum mendapatkan ASI pertamanya. Maka, jangan heran jika bayi mengalami penurunan berat badan, beberapa hari setelah kelahirannya, sebagai akibat dari pengeluaran cairan ekstra ini. Pare juga meningkatkan kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah bagi bayi–dan kamu tidak perlu khawatir ASI jadi pahit jika makan pare, kok. Untuk ibu menyusui yang menderita diabetes dan darah tinggi, pare dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menormalkan tekanan darah.

Namun agar ASI cukup untuk bayi dan tubuh ibu menyusui tidak mudah lemas, nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral harus dipenuhi. Dalam website Ikatan Dokter Anak Indonesia menyebutkan jika ibu menyusui membutuhkan zat gizi mikro untuk membantu produksi ASI. Zat gizi mikro merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit tapi penting untuk pembentukan hormon, enzim, dan mengatur sistem imun tubuh, dan sistem reproduksi. Zat gizi mikro ini adalah vitamin , dan mineral agar tubuh bayi tumbuh optimum. Frisian Flag Mama mengandung berbagai zat gizi penting, seperti protein, karbohidrat lemak, serat pangan, zat besi, kalsium, asam folat, serta 29 multivitamin dan mineral.

About : Jaya