23 Dec, 2020

5 Rekomendasi Nutrisi Dan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Bantalan ini berfungsi untuk mencegah timbulnya bekas noda susu pada pakaian. Caranya, pasangkan bantalan tersebut pada bagian dalam cup bra. Bila Anda memiliki kondisi tersebut, dokter mungkin akan menyarankan Anda menyapih bayi untuk sementara waktu. Terlebih lagi, saat menyusui, umumnya Mama akan mengalami beragam masalah yang berkaitan dengan kondisi puting, mulai dari puting datar, puting gatal dan lecet, hingga mastitis. Suasana yang santai dan penuh percaya diri akan membantu kelancaran ASI.

Dengan melakukan pijat laktasi ini, nantinya dapat membantu proses melembutkan jaringan payudara sehingga menyusui lebih optimum dan tak menimbulkan rasa nyeri berkepanjangan. Jika kehamilan Bunda ditetapkan berisiko tinggi, dokter mungkin akan menyarankan pilihan olahraga lainnya. Tak hanya tubuh si ibu, janin dan bayi juga membutuhkan vitamin pendukung untuk mendukung pertumbuhannya. Vitamin memegang peranan penting dalam menguatkan sistem imun tubuh, menyehatkan pencernaan, dan membantu mendukung pertumbuhan tubuh janin, bayi dan ibu. Tak hanya itu, makanan ‘emas’ ini juga mengandung asam lemak omega-3 dan asam lemak esensial yang bisa membantu proses laktasi. Kandungan ASI busui yang rajin mengonsumsi salmon dipercaya lebih bernutrisi.

Apa yang diharamkan, dalam kondisi tertentu menjadi dibolehkan. Apa yang diwajibkan, dalam kondisi tertentu menjadi mubah hukumnya. Selama kehamilan, saya selalu menstimulasi pikiran dan tubuh saya agar kelak bisa memberikan makanan yang baik bagi anak saya yakni ASI. Selain stimulasi pikiran, saya juga menstimulasi payudara saya dengan menggunakan nipple puller merek pigeon. Sebenarnya alat ini gunanya untuk menarik puting susu bagi calon ibu yang memiliki puting datar. Jika Ibu yang sedang menyusui ingin menjaga agar tidak terjadi kehamilan berikutnya, gunakan kontrasepsi minum dengan dosis rendah yang aman dikonsumsi selama menyusui.

Cara untuk ibu hamil banyak asi

Melihat bayinya tertidur atau denga ibu memeluk bayi, sangat mempengaruhi produksi hormon oksitosin. Perasaan bahagia ibu dan juga seluruh keluarga ikut berperan dalam mempengaruhi produksi ASI. Dukungan seluruh keluarga terhadap aktifitas menyusui sangat membantu percaya diri ibu dalam memberi cairan hidup atau ASI itu. ASI adalah terbaik bagi buah hati, SGM sangat mendukung pemberian ASI. Saat Bunda menyusui, harap memperhatikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang. Penggunaan susu formulation harus sesuai dengan petunjuk dan dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli medis, pola hidup sehari-hari ternyata mempengaruhi produksi ASI. Pola hidup yang sehat akan meningkatkan produksi ASI sedangkan pola hidup yang tidak sehat akan menghambat produksi ASI. Oleh karena itu supaya ASI cepat keluar bunda sebaiknya hindari makanan junk meals, hindari merokok dan minum alkohol. Sebaliknya bunda harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat, selain itu bunda juga wajib untuk mengkonsumsimakanan untuk memperbanyak ASI. Cara agar ASI keluar saat hamil 8 bulan yang selanjutnya adalah dengan pemijatan payudara. Cara ini terbukti efektif sejak jaman dahulu, pemijatan payudara ini akan membuat otot-otot payudara menjadi lebih rileks dan bisa membantu bunda untuk mengeluarkan ASI.

Hormon-hormon ini memiliki pengaruh yang signifikan pada fungsi payudara. Beberapa penelitian juga membuktikan manfaat pijat punggung terhadap kelancaran produksi ASI. Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Medical Research and Review tahun 2013 membuktikan, pijat punggung efektif dalam meningkatkan produksi ASI. Pilih bra dengan bahan katun, serta hindari bra yang terlalu ketat dan dengan kawat.

Pembentukan ASI memang sudah berjalan sejak masa kehamilan, tepatnya usia kehamilan 14 minggu. Hormon estrogen membantu menciptakan saluran atau cabang baru duktus ASI, yang akan membawa ASI dari lobus ke puting. Sementara itu, hormon progesteron meningkatkan ukuran dan jumlah lobulus susu untuk mempersiapkan payudara memproduksi susu. Saat menyusui, isapan Si Kecil dapat merangsang produksi hormon prolaktin. Nah, jumlah prolaktin yang diproduksi tergantung dari frekuensi dan intensitas isapan bayi.

Saat dinyatakan positif hamil lagi, produksi susu untuk bayi akan tertap berjalan baik. Bedanya, rasa ASI akan menjadi kurang manis dan cenderung lebih asin. Hal ini yang menyebabkan menurunnya keinginan menyusu buat si kakak.

About : Jaya