28 Dec, 2020

5 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Trisemester Pertama

Karena itu, Moms perlu mengetahui apa saja makanan sehat untuk ibu hamil. Ketika tidak mendapatkan asupan air yang cukup, bukan hanya ibu yang mengalami dehidrasi tapi juga janin. Alpukat juga mengandung serat, vitamin B, vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E, dan vitamin C. Berbagai jenis berry juga memiliki nilai indeks glikemik yang rendah sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah. Meski begitu, ibu hamil perlu menghindari produk olahan susu jika mengalami intoleransi laktosa.

Susu dan produk olahan susu, seperti yoghurt dan keju, kaya akan kalsium yang baik untuk pembentukan jaringan tulang pada bayi serta menjaga kesehatan tulang ibu. Gandum utuh merupakan salah satu sumber karbohidrat yang juga kaya akan nutrisi lain, termasuk serat, vitamin E, dan selenium yang baik untuk tumbuh kembang janin di dalam rahim. Sementara itu, ikan salmon kaya akan omega-3 yang baik untuk menjaga suasana hati ibu hamil sekaligus mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Menariknya lagi, telur juga mudah diolah menjadi berbagai hidangan lezat.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Tak hanya praktis dan lezat, yoghurt juga memiliki banyak kandungan bermanfaat. Untuk membuat kandungan nutrisinya makin lengkap, Bunda bisa menambahkan buah-buahan segar. Ini penting untuk dilakukan agar kesimbangan cairan tubuh tetap terjaga sehingga terhindar dari dehidrasi.

Pastikan untuk mencuci sayuran dengan bersih menghindari infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Kemudian, ibu hamil harus menghindari makanan pedas dan berlemak, karena dapat mempengaruhi perubahan hormon, menimbulkan rasa mulas, serta memicu rasa mual dan muntah. Sedangkan makanan berlemak dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh serta kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Susu, kaya akan kalsium yang sangat penting bagi kesehatan ibu dan janinnya. Bagi ibu hamil dengan berat badan berlebih, dianjurkan untuk minum susu rendah lemak atau susu bebas lemak (susu non-fat). Jika diperlukan, Ibu pun dapat mengonsumsi suplemen, termasuk kalsium; tentunya sesuai dengan saran atau anjuran tenaga medis.

Para calon ibu membutuhkan asupan protein dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan janin. Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan asam folat untuk melindungi janin dari risiko kelainan dan cacat lahir. Para ahli sebenarnya menyarankan jenis sayuran yang baik dikonsumsi ibu hamil seperti sayur brokoli, sawi, bayam, kubis, dan kele. Jenis sayuran tersebut mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti kandungan zat besi, vitamin K, vitamin C, serat, Kalsium, folat, dan juga antioksidan.

About : Jaya