31 Dec, 2020

Supaya Asi Lancar Melimpah

Usahakan selalu berada di lingkungan yang bersih dari polusi, dan selalu berada pada kawasan bebas asap rokok. Meskipun ikut berpuasa namun bukan berarti ibu menyusui dapat mengabaikan jadwal dan waktu makan anda. Justru sebaliknya, ketika masa menyusui anda akan membutuhkan asupan gizi untuk dapat menunjang produksi ASI dalam tubuh dengan lebih baik. Susu dan produk olahan lainnya akan dibutuhkan oleh ibu menyusui yang ikut menjalani ibadah puasa. Protein dan zat baik lainnya yang ada didalam susu akan dapat bermanfaat baik untuk stamina dan kebugaran ibu menyusui. Oleh karenanya, pertimbangkan untuk mengasup kebutuhan susu kedalam tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Sedangkan bagi sang ibu, keintiman yang tercipta mampu memicu produksi hormon oksitosin yang bertugas untuk merangsang keluarnya ASI. Awalnya saya sempat down dan merasa gagal memberikan ASI eksklusif, tapi kembali lagi yang penting bayi kita sehat dan terhindar dari bahaya toh? Dengan tetap memelihara keyakinan anak saya bisa kembali ASI full, syukurnya, dia hanya merasakan sufor selama 2 bulan pertama saja. Setelahnya dan hingga kini berusia 10 bulan, anak saya masih minum ASI full tanpa absen ke sufor lagi. Ada dua komponen diet sehat yang harus dilakukan oleh wanita saat menyusui. Pertama, mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak, bisa di atas 8 gelas.

Hal ini penting untuk diperhatikan karena bayi yang lebih banyak minum ASI encer cenderung mudah merasa lapar kembali dan biasanya akan gelisah di malam hari. Tidak sedikit ibu menyusui yang merasa khawatir karena produksi ASI-nya hanya sedikit dan encer. Cluth, posisi menyusui ini dilakukan dengan cara menopang bayi di bawah tangan. Berikut beberapa rangkuman Popmama.com mengenai beberapa hal yang bisa dilakukan secara alami untuk memperbanyak kebutuhan ASI untuk si Kecil.

Perlu diingat kalau banyak pikiran hanya akan membuat ASI menjadi terhambat dan tidak lancar. Berusahalah untuk pintar dalam mengelola stres agar lebih rileks tanpa harus memikirkan beban hidup. Cara ini akan membuat payudara melunak dan ASI dapat keluar lebih lancar. Untuk mengatasi ini, Mama harus bisa mempergunakan waktu sebaik-baiknya dan berusaha istirahat yang cukup.

Tips agar ASI melimpah

Kalau Anda ingin memiliki stok ASI yang banyak, segera lakukan pemompaan saat itu juga. DokterSehat.Com – Setelah bayi lahir, mereka tidak membutuhkan makanan apa pun dari luar. Air susu ini digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan hariannya selama beberapa bulan ke depan.

Makanan yang sehat dan memiliki nutrisi baik akan membantu produksi ASI Mama lebih lancar. Pijat Payudara Saat bayi malas menghisap, bunda dapat membantu memijat payudara untuk meneruskan aliran ASI saat ia sudah tidak minum sendiri. Bila ibu mengalami mastitis, ibu juga bisa Massage / pemijatan payudara dan kompres air hangat & air dingin bergantian. Oh ya, bila Bunda memang sedang tidak bisa menyusui langsung, misalnya karena harus bekerja dari kantor, cobalah melihat foto dan video si kecil sambil memompa. Hal seperti ini juga bisa membantu melepaskan hormon oksitosin yang melancarkan keluarnya ASI.

Kedua, suami dan keluarga harus bisa membantu menciptakan suasana nyaman dan bahagia bagi mamsi secara fisik dan psikis. Karena dengan pikiran yang rileks dan fisik yang sehat maka tubuh akan percaya diri dan lancar memproduksi ASI. Pemijatan pada punggung ibu ternyata juga bisa merangsang pengeluaran hormon oksitosin. Jika hormon oksitosin meningkat, pengeluaran ASI pun menjadi lancar. Pemijatan punggung dapat dilakukan perlahan menggunakan ibu jari.

Coba gunakan juga ujung jari-jari Anda untuk memijat dan memberikan sedikit tekanan pada payudara. Sambil berdiri di hadapan cermin, angkat satu sisi payudara dengan tangan kiri dan tahan bagian atas payudara dengan tangan kanan. Adanya stimulasi atau rangsangan yang sama pada kedua sisi payudara dapat menjadi cara untuk memperlancar produksi ASI.

Biasanya bayi menghabiskan menit untuk menyusui selama baru lahir, untuk mendapatkan cukup ASI. Kedekatan emosi yang kita miliki dengan bayi, akan memerintahkan otak untuk memproduksi ASI lebih banyak. Beberapa negara yang mendukung program ibu menyusui menganjurkan skin to skin contact sebagai salah satu cara menyusui yang baik.

About : Jaya