25 Dec, 2020

Siapkan Payudara Sejak Hamil Agar Asi Lancar

Pijat oksitosin atau pijat punggung adalah pijatan yang dilakukan di space sepanjang tulang belakang. Pijatan ini dapat memicu hormon prolaktin dan oksitosin sehingga dapat memperlancar pengeluaran ASI. Nah, agar produksi ASI melimpah dan tidak terjadi pembengkakan, pijatlah payudara minimal 2 kali dalam sehari.

Setiap ibu hamil dan menyusui wajib memberikan asupan nutrisi lemak sehat sebagai cadangan energi untuk pertumbuhan janin dan bayi. Selain itu, lemak sehat juga baik untuk pertumbuhan otak dan sistem saraf janin dan bayi. Namun, konsumsi lemak ini perlu dibatasi dan disikapi dengan bijak agar tidak menyebabkan obesitas pada bayi dan si ibu.

Biar begitu, pastikan kamu mengonsumsinya dalam jumlah cukup dan seimbang untuk menghindari naiknya angka kolesterol akibat kuning telur. Dengan kandungan alami dari kacang almond, beras, kacang mede, ataupun kacang kedelai, susu nabati punya nutrisi yang serupa dengan susu sapi. Plus, susu nabati bebas laktosa yang umumnya ditemukan di susu hewani. Anjurkan ibu yang mengalami masalah ketika menyusui untuk berkonsultasi pada tenaga terlatih di pusat pelayanan kesehatan.

Simpan ASI perah tersebut untuk jadwal menyusui bayi selanjutnya agar tetap awet. Usahakan untuk menciptakan lingkungan yang tenang dan santai saat menyusui agar tubuh dan pikiran lebih nyaman. Berawal dari sini, para ibu menyusui mungkin termasuk Anda giat mencari cara untuk memperbanyak dan memperlancar produksi ASI. Tidak kalah pentingnya dengan masa kehamilan, masa menyusui pun sudah seharusnya dipersiapkan oleh ibu hamil dengan baik. Walau tidak semua Bumil otomatis menjadi ibu menyusui , dengan berbagai penyebab dan kendala yang berbeda-beda.

Cara untuk ibu hamil banyak asi

Mengkonsumsi labu bisa mengurangi resiko dehidrasi selama hamil. Saat ada berbagai tanda tanda dehidrasi pada ibu hamil maka juga bisa membuat kerja kelenjar susu menurun dengan cepat. Jika sering terjadi maka produksi ASI setelah melahirkan juga tidak akan lancar. Ini termasuk perawatan kesehatan antenatal, bayi baru lahir, pasca kelahiran , dan kesehatan psychological. Setelah mengetahui manfaat pijat laktasi untuk ibu menyusui, kini mother bisa melakukan pijat payudara sendiri setelah melahirkan.

Selain itu, pijatan ini juga dapat mengurangi pengeluaran hormon kortisol , sehingga pengeluaran hormon prolaktin dan oksitosin tidak terganggu. Agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal, bayi membutuhkan asupan zat gizi yang paripurna. Nah, untuk bayi baru lahir, makanan utama dan pertama yang perlu diberikan adalah ASI . Melansir Specialist Pharmacy Service dari NHS UK, sayangnya belum ada obat kolesterol tertentu yang dinyatakan aman untuk ibu menyusui. Pasalnya, mekanisme kerja obat kolesterol diketahui memberikan efek merugikan pada proses biosintesis kolesterol dalam tubuh.

Pasalnya, jika si kecil sering tertidur saat menyusu, dikhawatirkan kekurangan gizi yang bersumber dari ASI. Tidak hanya itu, bayi juga bisa terkena dehidrasi akibat berkurangnya waktu menyusu. Memperbanyak ASI juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini.

About : Jaya