29 Dec, 2020

Produksi Asi Sedikit? Yuk Coba 7 Cara Memperbanyak Asi Secara Alami Ini

Kompres bergantian sampai three kali berturut-turut dan akhiri dengan kompres yang menggunakan air hangat. Asupan air putih sangat diperlukan karena tubuh membutuhkan cairan untuk memproduksi ASI. Bisa juga membuat perkiraan untuk memberikan ASI setiap 2-3 jam sekali.

Tips agar ASI melimpah

Selama hamil, satu hal yang paling saya harapkan -dan juga harapan ibu baru lainnya- adalah bisa memberikan ASI eksklusif untuk bayi saya setelah melahirkan. Ya, tentu saja ini bukan sekedar harapan semata tapi saya juga berusaha agar payudara bisa mengeluarkan ASI. Pada akhirnya, saya bisa merasakan hasil dari harapan dan usaha saya ini. Saya pun masih bisa mendonorkan ASI untuk bayi teman saya yang lahir prematur.

Namun, saya sendiri malah bisa banyak ASI dengan buah-buahan yang tidak atau malah jarang disebutkan oleh banyak orang, yaitu buah naga. Untuk mengantisipasi rasa pegal saat memompa, Bunda bisa gunakan pompa elektrik. Pompa ini memang lebih mahal, namun bila punya keinginan kuat untuk stok ASI, Bunda bisa usahakan membelinya seperti dengan cara menabung misalnya. Saat menyimpan ASIP, jangan lupa menuliskan tanggal dan jam perah.

Kurangi kegiatan yang tidak perlu termasuk untuk pergi ke luar rumah, aturlah jadwal tidur dengan tepat agar bisa memperbanyak produksi ASI. Menjadi orangtua baru pasti tidak mudah saat dijalani apalagi saat di malam hari. Si Kecil yang sering rewel membuat kualitas tidur Mama semakin memburuk. Padahal jika ini terus terjadi, produksi ASI tidak akan stabil bahkan tidak bisa keluar sama sekali.

Pasalnya, jika si kecil sering tertidur saat menyusu, dikhawatirkan kekurangan gizi yang bersumber dari ASI. Tidak hanya itu, bayi juga bisa terkena dehidrasi akibat berkurangnya waktu menyusu. Artinya, otak menstimulus hormon untuk memproduksi ASI sesuai jadwal dan sebanyak yang bayi butuhkan. Bahkan, produksi ASI semakin melimpah dalam waktu 3-7 hari.

Mintalah help dari suami, orangtua, mertua, keluarga, teman, atau rekan kerja sekalipun. Colokan pompa elektrik ke sumber listrik terdekat atau langsung digunakan saat baterai masih tersedia. Electric breast pump atau alatpompa ASI elektrikadalah jenis pompa yang bekerja dengan bantuan listrik maupun baterai. Alat pompa ASI elektrik cenderung menghabiskan waktu yang lebih singkat dan cepat ketimbang pompa handbook. Harus ingat bahwa kekurangan cairan bisa memengaruhi produksi ASI.

About : Jaya