13 Dec, 2020

Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Hingga Usia 2 Tahun

Fusion Mediamengingatkan Anda bahwa information di dalam situs web ini tidak selalu real-time atau akurat. Salah satu cara yang baik untuk menjaga payudara agar selalu terangsang untuk menghasilkan ASI adalah dengan memompanya. Ada sejumlah suplemen dan obat-obatan yang bisa merangsang produksi ASI. Namun, sebelum mencoba semua ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau bidan terlebih dahulu.

Kualitas gizi dari beras merah lebih bagus daripada beras putih. Dalam chia seeds terdapat zinc, vitamin B3, potasium, vitamin B1 dan B2 yang akan meningkatkan suplai ASI. Apalagi protein, serat, dan lemak omega 3 dalam chia seeds ini juga membantu melancarkan pencernaan ibu menyusui. Omega 3 juga membantu perkembangan otak bayi dan berfungsi sebagai anti-inflamasi.

Selain sebagai sumber energi untuk memulai hari, makanan ini juga banyak mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan Mommy. Pare dapat meningkatkan produksi ASI dan juga menjaga ibu menyusui tetap terhidrasi dengan baik. Pepaya setengah matang tidak hanya dikenal dapat meningkatkan produksi ASI, tetapi juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Dot maupun empeng yang terbuat dari bahan karet tidak bisa menyamai payudara ibu. Dalam bukunya, Fika dan bersama dua penulis lain dari FKM UI, yaitu Ahmad Syafiq dan Khaula Karima pun memaparkan sejumlah tindakan yang perlu dilakukan agar ASI lancar dan berkualitas. Berikut tindakan yang harus dilakukan ibu seperti dijelaskan dalam buku Gizi Ibu dan Bayi.

Jika puting sakit dan lecet, berikan krim pelembab alami, yang aman untuk mengatasi masalah tersebut. Membatasi jumlah waktu pemberian ASI, akan menyebabkan bayi mendapat foremilk daripada hindmilk . Biasanya bayi menghabiskan menit untuk menyusui selama baru lahir, untuk mendapatkan cukup ASI. Agar proses menyusui berjalan lebih mudah dan lancar, usahakan untuk menerapkan posisi menyusui yang tepat sekaligus mencegah masalah ibu menyusui. Bayi yang sering menyusu tandanya tidak mendapat cukup air susu ibu hanyalah mitos ibu menyusui belaka.

Bagaimana cara mendapatkan ASI berkualitas

Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan dari suggestions jaga ASI tetap deras dan berkualitas selama puasa. Pada intinya mengasup kebutuhan gizi seimbang dari makanan sehat tidak akan menghalangi produksi ASI yang bermasalah. Justru sebaliknya, hal ini akan dapat membuat puasa yang dijalani lancar dan kegiatan memberikan ASI tetap berlangsung dengan baik.

About : Jaya