24 Jul, 2020

Ingin Bisnis Indekos? Cek Kewajiban Perizinan Ini

Dara cantik ini memang memilih untuk menginvestasikan penghasilannya pada bisnis ini. Kini Cita Citata sudah memiliki 11 pintu kos kosan di Tasikmalaya, Jawa Barat. Kos kosan yang memang dikhususkan untuk perempuan ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Mulai dari fasilitas tempat tidur, lemari, kamar mandi hingga AC. Untuk desain yang diusung, YouTuber satu ini memilih untuk memadukan antara warna putih dan juga cokelat.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kost, ada baiknya untuk mengetahui seluk beluk dari bisnis ini terlebih dahulu. Seperti, biaya pembangunan atau renovasi, tarif sewa yang dipatok, perkiraan waktu balik modal, dan lain-lain. Jangan sekadar menerima bayaran setiap bulan saja tanpa tahu progres keuangan, atau bahkan merugi. Lokasi yang strategis dekat dengan fasilitas publik seperti perkantoran, kampus, sekolah hingga pusat transportasi menjadi pilihan yang tepat. Untuk mengetahui rumah Anda cocok atau tidak dapat dilakukan dengan luas seluruh rumah dibagi dengan luas standar kamar.

Mereka pegawai-pegawai yang sudah mapan tapi rumahnya jauh, kerja enggak bisa maksimal karena waktu habis di jalan. Maka satu-satunya cara ya tinggal di kost yang bagus, yang nyaman, dan standar resort,” ungkap Yayat. Tak kalah mewah dari kost eksklusif lainnya, kost ini juga memiliki fasilitas lift, pantry, ruang fitness center, bahkan hingga genset tersedia di sini. Fasilitas lainnya yang didapatkan oleh penghuni kost adalah AC, TV kabel, kulkas, kamar mandi, serta internet. Kost mewah tersebut ditawarkan dengah harga sewa mulai dari Rp8 juta hingga Rp12 juta per bulan. Para penghuni kost ini berani merogoh kocek yang dalam untuk membayar sewa indekos tersebut.

Biaya kost juga fleksibel yang biasanya bisa dibayar bulanan atau bahkan harian dibandingkan mengontrak/menyewa rumah biayanya dihitung tahunan. Hal-hal tersebutlah yang kemudian membuat kost-kostan makin hari makin diminati. Membangun kontrakan sudah pasti membutuhkan biaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan membangun kos-kosan. Tapi untuk mencapai hal seperti ini, tidak semuanya serba instan. Dalam hal ini dibutuhan usaha dan trik bagaiaman caranya agar supaya tempat kost yang Anda kelola selalu ramai oleh para penyewa.

Untuk menjalankan bisnis yang satu ini Anda haruslah lebih mengikuti perkembangan zaman. Agar mempermudah dalam mengelola Anda bisa menerima pembayaran tidak harus cash namun bisa melalui switch. Saat ditemui tim bisnisukm, ibu Erna Zulianti, pemilik kost-kostan “Dhiya Nisa” bercerita banyak perihal usaha ini. Awalnya adalah keinginan untuk mendapatkan tambahan pemasukan selain dari penghasilan suaminya yang bekerja di perusahaan swasta. Dengan persetujuan suaminya akhirnya mbak Erna, panggilan akrabnya, membangun beberapa kamar untuk dijadikan usaha kost-kostan. Selain dekat dengan kampus atau tempat kerja, diusahakan memiliki akses yang mudah untuk ke daerah lain.

Usaha kost-kostan

Dia menyebutkan tahun ini nampaknya usaha kos-kosan belum bisa masuk pengembangan proyek baru bisnis properti. Pengusaha properti tahun ini akan membidik pembangunan proyek perumahan dan apartemen. “Pengembangan proyek baru di 2021 masih didominasi oleh perumahan dan apartemen,” jelasnya.

Dari berbagai drawback usaha kost anda tersebut, anda tentunya bisa mencarikan solusinya. Anda bisa mencari solusi-solusi tersebut dengan berbagai cara. Anda bisa googling di internet, bisa tanya ke teman yang juga pengusaha kost, bisa juga ke konsultan kost. Biasanya cukup untuk membangun kost sekitar 10 – 15 kamar saja dengan standar kos-kosan kelas bawah dengan perkiraan pendapatan bulanan antara Rp. Sehingga whole pendapatan kotor perkiraan per bulan adalah 4 juta s/d 7,5 juta rupiah . Atau bersihnya setelah dikurangi operasional sekitar three juta s/d 5 juta rupiah “saja”.

Punya lahan kemudian membangun sejumlah kamar beserta fasilitasnya, lalu disewakan. Tinggal ongkang-ongkang kaki dan terima uang sewa kos setiap bulan. Tapi dengan platform RoomMe, lanjut Glen hal ini tidak akan terjadi. Sebagai pemilik kost, Anda harus menyediakan waktu khsusus guna memanage tempat kost yang Anda kelola ini.

About : Jaya