17 Dec, 2020

Asupan Gizi Buat Ibu Hamil Untuk Cegah Corona

Olahraga yang teratur beberapa hari sebelum vaksin bisa meningkatkan kerja sistem imun. Mengonsumsi makanan sehat agar potensi efektivitas kerja vaksin pada tubuh semakin baik dan cepat. Pasal 25 ayat 1 dalam Permenkes tersebut berbunyi “Setiap orang yang telah diberikan vaksinasi Covid-19 diberikan surat keterangan Vaksinasi Covid-19 atau sertifikat elektronik”. Dan pemberian vaksin serta sertifikat digital Covid-19 ini tidak dipungut biaya alias dibayar penuh oleh pemerintah. Sebentar lagi, pendistribusian vaksin ini akan semakin luas dan akan semakin banyak orang dari berbagai kalangan masyarakat akan dihimbau untuk melakukan vaksinasi juga.

Asupan makanan yang bervariasi dan tetap seimbang akan menjaga berat janin tetap perfect, mencegah risiko bayi lahir cacat, serta menunjang proses tumbuh kembangnya. Kehamilan yang berlangsung di tengah wabah virus corona tentu membuat kebanyakan calon ibu menjadi khawatir. Sebenarnya, tidak ada cara khusus yang mesti dilakukan untuk menjaga kesehatan kehamilan di masa pandemi. Membiasakan cuci tangan menggunakan air dan sabun dapat mencegah infeksi virus Corona pada ibu hamil.

Jika Anda merasa tidak bisa menghindari paparan sinar matahari karena beberapa tuntutan. Maka sebisa mungkin gunakanlah tabir surya untuk melindungi kulit. Cobalah sebisa mungkin untuk menghindari paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang cukup lama.

Penyebab dari infeksi jamur putih sebenarnya dipicu rendahnya kekebalan tubuh. “Asam folat bisa didapat dari susu, kacang-kacangan, telur, ikan, atau sumber protein lainnya,” jawab dr Yantoko. Sebaiknya minum TTD di malam hari sebelum tidur untuk mengurangi rasa mual. TTD juga bisa didapat dari Bidan desa atau tenaga pengelola gizi melalui Fasyankes. Jika tidak dapat ke bidan, ibu hamil dapat meminta keluarga untuk membantu memperoleh TTD pada bidan desa atau tenaga gizi. Meski begitu, bukan berarti kamu juga harus melewati jadwal kontrol rutinmu.

Namun, perlu diingat bahwa minyak kayu putih tergolong sebagai bahan iritan untuk bayi. Sekarang sudah saatnya kembali melanjutkan usaha-usaha untuk mencegah Covid-19 setelah bayi lahir. Minyak kayu putih juga aman digunakan untuk ibu hamil, selama pemakaiannya sesuai petunjuk yang tertera di kemasan dan tidak digunakan berlebihan. Untuk ibu hamil yang sedang mengalami gangguan pernapasan, menggunakan minyak kayu putih bisa membuat Anda merasa lebih nyaman.

Hal ini jadi terasa berat dijalani, terutama ibu hamil dan ibu dengan bayi baru lahir. Imbangi dengan konsumsi makanan mengandung vitamin C agar penyerapan TTD lebih optimum. Rasanya tidak ada jalan terbaik di tengah wabah Corona saat ini kecuali tetap tinggal di rumah. Opsi dan anjuran ini merupakan langkah yang tepat untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang belum ada vaksinnya ini. Tidak sekadar mengandalkan tawakal setelah dzikir dan doa, tetapi memeriksakan diri secara teratur harus dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan diri dan bayi.

Cara agar terhindar covid bagi ibu hamil

Kecemasan ini normal justru bersifat suportif sehingga akan membuat seseorang akan mau melakukan protokol kesehatan,” tutup dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah dilansir viva.co.id. Menjaga daya tahan dan mempertahankan tubuh tetap prima merupakan salah satu tantangan utama ketika sedang berpuasa. Asupan makanan yang terbatas menjadi penghambat untuk beraktivitas secara regular. Oleh karena itu, jangan takut untuk konsumsi suplemen ketika puasa. Hal ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya penurunan nutrisi saat puasa karena tubuh bekerja dua kali lebih keras dibanding biasanya.

About : Jaya