30 Dec, 2020

Asi Sedikit? Ini 5 Hal Yang Harus Bunda Lakukan Agar Asi Lancar!

Produksi ASI dapat maksimal jika melakukan teknik menyusui dengan benar. Usahakan sebagian besar kalang payudara masuk ke mulut bayi sehingga puting berada di bawah langit-langit dan lidah bayi akan menekan ASI keluar. Meski banyak yang mengatakan memijat payudara bisa menimbulkan kontraksi tapi selama saya tidak merasakannya. Yang saya rasakan justru dengan pijatan sekaligus melancarkan peredaran darah pada kelenjar payudara.

Untuk mengatasinya, Mommy perlu mengompres payudara dengan air hangat, sambil sesekali memijatnya. Perlu Busui pahami juga bahwa produksi ASI bukan hanya dipengaruhi oleh kondisi fisik, tapi juga kondisi psikologis ibu menyusui. Oleh sebab itu, mengonsumsi makanan laktogenik saja belum tentu dapat memperbanyak ASI seperti yang Busui harapkan.

Tips agar ASI melimpah

So, mulai sekarang beralihlah ke beras merah demi memberikan ASI berkualitas untuk Si Buah Hati. Bio Oil juga diklaim sebagai minyak kaya manfaat yang dapat diaplikasikan untuk perawatan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Gambar di atas merupakan sedikit resep yang bisa kita tiru untuk perawatan sederhana di rumah. Jika sudah terjadi kasus di atas, sebagai seorang ibu harus berikhtiar agar anak tercinta tidak melewatkan kedahsyatan ASI. Biasanya, anak yang diberi ASI ekslusif akan memiliki IQ dan kemampuan intelektual lebih tinggi dari pada anak yang diberikan susu selain ASI. Sementara bagi si anak, ASI yang diberikan ibu akan lebih meningkatkan kecerdasan dan meningkatkan ikatan emosional antara anak dan ibu.

Ketika Anda merasa stres, hal ini akan membuat produksi ASI terganggu karena hormon dalam tubuh terguncang. Ibu bisa meminta tolong pada pasangan atau keluarga untuk mengurus keperluan sehari-hari dan teman kerja untuk mengurus kerjaan Anda. Meskipun Anda merasa bahwa produksi ASI Anda sedikit, jangan berhenti menyusui sekalipun. Dengan terus rajin dan konsisten menyusui, hal tersebut akan merangsang payudara untuk memproduksi ASI. Jangan lupa untuk menyusui menggunakan kedua payudara secara bergantian.

Di masa menyusui pun camilan tetap disarankan tetapi pilih camilan yang mampu mendorong produksi ASI seperti kue laktasi. Kue atau kukis ini biasanya dijual di pasaran dengan rasa nikmat. Mulailah pemijatan di bagian ketiak, tepatnya di bagian bawah ketiak .

Di hari pertama menyambut kelahiran bayi, biasanya timbul rasa khawatir akan kecukupan ASI. Pikiran negatif ini pun membuat ibu tergoda untuk memberikan susu formulation untuk menutup kebutuhan si kecil. Jika Ibu memiliki pertanyaan seputar nutrisi untuk bayi, ibu dapat bertanya langsung ke pakar kami melalui fitur Tanya Pakar. Namun untuk menggunakan fitur tersebut, ibu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu ya, Bu. Yuk, berkonsultasi dengan dokter agar cara memperbanyak ASI dengan pijat payudara ini bisa memberikan hasil yang lebih maksimal dan membuat ASI berlimpah.

Tentunya ketika Moms sedang menyusui maupun memompa, asupan makanan harus tetap terjaga dengan baik. Tentunya Moms harus menjaga supaya asupan makanan yang masuk adalah yang bergizi. Umumnya ibu menyusui membutuhkan tambahan kalori 300 sampai 500 untuk produksi ASI lancar. Produksi ASI lancartidak hanya berbicara saat Moms sedang menyusui saja tetapi saat melakukan pumping.

Kontak saat pertama kali si kecil menghirup udara di luar perut Ibu adalah salah satu hal yang dapat membuat ASI lancar. Dan ketika bayi lahir prematur, usahakan untuk tetap mendapatkan kontak kulit dengan si kecil. Jika Anda belum mendapatkan kontak dengan bayi Anda, coba dengan melihat foto bayi Anda, mendengarkan rekaman suara tangisnya atau mencium bau tubuhnya.

About : Jaya