28 Jun, 2020

7 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Keduanya Bisa Berjalan Lancar

Yang perlu menjadi perhatian kamu ketika kamu ingin berkuliah sambil bekerja ialah kepiawaian dalam mengatur waktu, dengan tips-tips di atas yang bisa kamu terapkan. Yap, ketika kamu kuliah sambil kerja, pasti kamu memiliki waktu yang sedikit untuk pergi ke luar rumah selain ke kampus dan ke kantor. Bayangkan kalau kamu selalu mengiyakan semua tawaran nongkrong-nongkrong dari temanmu, yang pasti, kamu akan memiliki waktu yang sdikit untuk mengerjakan hal lainnya.

Kuadran ini berisi hal-hal yang tidak penting namun tetap harus dikerjakan. Contohnya adalah follow up jadwal rapat lewat telepon atau e-mail, kumpul dan diskusi dengan teman kuliah atau rekan kerja, dll. Tanya juga ke diri kamu, apakah pekerjaan ini bisa didelegasikan dengan teman atau rekan kerja?

Dengan begitu banyaknya hal yang harus dilakukan di bulan Ramadhan, biasanya akan mudah dilupakan. KOMPAS.com – Bagi kamu yang saat ini berencana kuliah tapi memiliki keterbatasan ekonomi, tidak usah khawatir. Selain bisa mencari beasiswa, kamu juga bisa kuliah sambil kerja.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Memang tak semua kampus swasta punya jam fleksibel, tetapi beberapa kampus swasta menyediakan perkuliahan dengan jam yang disesuaikan bagi para pekerja penuh waktu. Kampusnya menyediakan jam perkuliahan sore hari yang biasa diisi oleh mahasiswa yang menyambi kerja. “Berkali lipat lebih mahal dibanding kuliah reguler pagi hari. Sistem ini amat sangat membantu jika kalian bekerja di perusahaan dengan sistem shift atau rotasi. Saat mengatur waktu, diperlukan disiplin yang tinggi dalam menjalankan kegiatan.

Karena kebanyakan part timers adalah pelajar muda atau mahasiswa yang dianggap belum punya banyak pengalaman. Masalah seperti ini juga dapat berkaitan pada pemberian gaji yang jumlahnya tidak sesuai dengan hasil kerja keras kita. Salah satu cara untuk membuktikan bahwa half timers yang mampu adalah dengan bekerja sebaik-baiknya dan berusaha membuat atasan menjadi percaya atas kinerja yang dikerjakan. Semakin baik hasil kerja kita, maka semakin baik juga kepercayaan atasan kepada kita.

Namun, Manajemen Pelaksana berhak membatalkan pagu secara sementara atau permanen jika ada indikasi kecurangan atau terbukti ada pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Kartu Prakerja. Pastikan kamu telah menonton three video tentang Kartu Prakerja untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja kamu. Video tersebut berisi informasi dasar mengenai Kartu Prakerja, mulai dari mengenali tantangan di dunia kerja sampai penjelasan manfaat Kartu Prakerja. Kamu bisa melihat alasan tidak lolos setiap Gelombang yang kamu ikuti di dashboard kamu.

Bagaimanapun, pendidikan itu tetap nomor satu dan harus diutamakan, jika memang dirasa susah untuk membiayai kuliah, kita bisa berusaha untuk mendapatkan beasiswa. Karena memilih dan lebih mengutamakan kuliah dibanding kerja, kita akan banyak mendapatkan pengetahuan serta ilmu, yang belum kita ketahui sebelumnya dan dapat membantu kita dalam dunia kerja nantinya. Dapat mewujudkan impian terbesar kita, dapat membentuk kepribadian, menjadikan hidup lebih mandiri, pandai mengatur waktu, serta mendapatkan pengalaman dalam berorganisasi. Fikri-begitu ia disapa- merupakan mahasiswa Universitas Bina Insani Kota Bekasi yang nyambi bekerja sebagai pramuniaga di Matahari Department Store.

Bersikaplah terbuka dan jujur mengenai jadwal kuliahmu, sehingga pimpinan pun tidak merasa dirugikan. Pastikan tugas dan tanggung jawab pekerjaan terselesaikan sesuai target dan jadwal yang diberikan. Program lain yang kerap ditawarkan bagi calon mahasiswa yang kerja sambil kuliah adalah program reguler kelas sore.

Simak langkah-langkah yang perlu dipersiapkan sebelum memulai, berikut ini. Tapi, lebih baik waktu luang dimanfaatkan untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah biar gak mengganggu waktu kerjamu. Tugas dan pekerjaan bisa menumpuk dalam hari atau pekan yang sama.

Jangan lupa, perbanyak minum air putih agar cairan di dalam tubuh seimbang. Karakteristik itu membuat ia menjadi konten kreator journey hijaber pertama yang fokus mereview hotel-resort luxurious dan bintang lima di Indonesia. Dalam hal trend juga, Gegfia tampil beda dengan look yang edgy, muda dan feminin dengan ciri khas hijab turban. “Karena baru dibuat dalam jangka waktu dua bulan, tentu saja alat ini masih membutuhkan banyak input data yang lebih bervariasi, seperti data arus dan data gelombang. Selain itu, kedepannya saya membutuhkan tim yang bisa bekerja sama untuk pengembangan alat ini agar output yang dihasilkan bisa maksimal,” jelasnya.

About : Jaya