16 Dec, 2020

7 Ideas Liburan Ibu Hamil Saat Pandemi, Wajib Perhatikan!

Bagi pengidap gangguan pembekuan darah, defisiensi imun, dan penerima produk darah/transfusi, vaksinasi harus ditunda. Vaksinasi COVID-19 bisa diberikan setelah melakukan konsultasi pada dokter yang merawat. Bagi pengidap penyakit autoimun sistemik, vaksinasi harus ditunda dan harus dikonsultasikan pada dokter yang merawat. Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari WHO, dikatakan bahwa hingga saat ini masih dilakukan penelitian untuk memahami dampak infeksi Covid-19 pada ibu hamil. Meningkatkan aktivitas terbukti dapat menghilangkan cemas dan meningkatkan koping pada seseorang. Pada ibu hamil kegiatan yang dapat dilakukan bisa dengan membaca buku, menonton movie, olahraga ringan, bermain bersama anak, memasak masakan kesukaan keluarga dan sebagainya.

Oleh sebab itu, Haekal mengingatkan ibu hamil untuk selalu menjaga kesehatan di masa pandemi. Selain itu, konsumsi rempah-rempah seperti cengkeh, jahe, dan jintan, juga dapat membantu tubuh melawan infeksi, karena sifat antivirus dan antimikroba yang terkandung di dalamnya. Pada ibu hamil dan ibu nifas juga menyusui ada istilahnya diit TKTP , karena makanan yang dibutuhkan itu untuk 2 orang jadi harus mencukupi gizi untuk 2 orang. Mengonsumsi makanan bergizi seimbangDalam arti tercukupi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin dan mineralnya. Inilah yang jadi poin kerentanan ibu hamil terinfeksi Covid-19, sehingga kebanyakan pengobatan hanya bisa mengandalkan vitamin yang juga tidak bisa sembarangan, dan sistem kekebalan dari tubuh si ibu sendiri. Sehingga, lanjutnya, tetap diam di rumah dan tidak banyak keluar rumah serta tidak bertemu banyak orang menjadi solusi terbaik agar ibu terhindar dari infeksi Covid-19.

Menjaga jarak setidaknya 1 meter antara tubuh kita dan orang yang batuk atau bersin. “Para ibu hamil pun dianjurkan melakukan olahraga ringan selama 30 menit. Menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat juga tidak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan ibu hamil,” kata dia. Perubahan sistem imun dan kardiovaskular pada ibu hamil, cenderung berpotensi untuk menderita penyakit berat jika terinfeksi virus. Karena itu, untuk menghindari stres, dukungan dari keluarga dan orang terdekat yaitu suami sangat diperlukan.

Cara agar terhindar covid bagi ibu hamil

Rata-rata pasien Lansia dan komorbid yang terpapar Covid-19 merasa tersisihkan dari keluarga. Ruang isolasi atau tempat perawatan pasien Covid-19 memang tidak boleh dikunjungi keluarga. Namun, keberadaan perawat memberi dukungan penuh untuk kesembuhan pasien.

Mendapatkan informasi tentang perkembangan covid-19 merupakan hal yang penting, sehingga kita bisa mengantisipasi kondisi kita. Namun, terlalu banyak mencari-cari berita tentang covid-19 pun juga tidak baik ya ibu-ibu, karena hal ini bisa memicu rasa kecemasan yang berlebihan, memicu rasa takut yang tidak dapat dihindari. Untuk sementara waktu, mengurangi mencari informasi tentang covid-19 sangat diperlukan. Untuk menghindari bersentuhan dengan benda-benda di tempat publik misalnya untuk menyentuh tombol raise dengan bagian siku tangan. Selain itu juga peningkatan pengawasan protokol kesehatan di prasarana dan sarana transportasi. Pekerja migran Indonesia dan mahasiswa atau pelajar di luar negeri, atau pemulangan orang dengan alasan khusus dari pemerintah sampai ke daerah asal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mengoleskan minyak kayu putih di tubuh juga bisa mencegah gigitan serangga, seperti nyamuk yang bisa membawa virus demam berdarah. Saat stres, kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan hal yang membahayakan tubuh pun berkurang. Stres mampu membuat Anda lebih rentan terhadap gangguan kesehatan.

Paling tidak bacalah berita mengenai COVID-19 satu kali sehari pada pagi hari atau sebelum makan malam. Selama pandemi COVID-19, ibu hamil juga perlu untuk mendapatkan informasi dan berita terbaru mengenai COVID-19. Hal ini untuk mengklarifikasi informasi mengenai COVID-19 yang tidak benar dan sebagai bentuk antisipasi penularannya. Selain itu, jangan lupa untuk meminta surat keterangan sehat dari dokter. Jika Bunda memutuskan untuk bepergian menggunakan pesawat, maka surat keterangan sehat ini berguna di sejumlah bandara yang biasanya meminta penumpang untuk menunjukkan surat keterangan sehat dari dokter.

About : Jaya