31 Dec, 2020

32 Cara Memperbanyak Asi Yang Sudah Kering Secara Alami Setelah Melahirkan

Namun, produksi ASI juga dapat ditingkatkan dengan cara merangsang payudara. Daun katuk dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI. Namun, saat hal tersebut tidak terjadi, Mom dapat meningkatkan produksi ASI dapat dilakukan dengan makan sayuran dan buah. Jadi, Moms harus pastikan Si Kecil berada di dalam posisi yang benar ketika sedang menyusui.

Selain bermanfaat sebagai booster ASI, buah berwarna oranye yang mudah sekali dijumpai ini kaya akan vitamin A sehingga dapat meningkatkan kualitas ASI. Wortel bisa disajikan dengan cara direbus dan dibuat dalam bentuk jus dengan campuran susu ataupun jus wortel murni. Konsumsi satu kali setiap hari agar produksi ASI-mu makin lancar.

Untuk kamu yang memang memiliki sedikit provide ASI, mungkin konsumsi ASI booster bisa menjaid cara memperbanyak ASI kamu. Namun untuk melakukannya, kamu harus berkonsultasi dulu dengan dokter. Skin-to-skin juga mendorong ikatan antara ibu dan bayi, dan itu bagus untuk menyusui.

Tips agar ASI melimpah

Saat bayi baru berumur tiga hari, lambungnya masih sebesar kelereng, Bun. Sebab dengan ukuran lambung sebesar itu, hanya bisa menampung 3 sampai 5 ml ASI. “Kalau mau terus diurut sampai punggung bawah tidak apa-apa. Bisa juga dengan mengurut pundak dan betis agar ibu merasa nyaman,” sambung dr Jeanne. Jadi kalau anak minta menyusu, baiknya jangan tunda lagi untuk memberikannya. “Harus niat dulu memberikan ASI eksklusif. Jangan sampai putus asa memberikan ASI di enam bulan pertama bayi,” tutur dr Reisa beberapa waktu lalu. Apabila bayi mengalami periode-periode yang sudah jelas terlihat bahwa mereka sedang menelan atau meneguk ASI.

Melakukan cara merangsang payudara atau let down reflex sangat penting karena dapat dijadikan kunci keberhasilan menyusui. Mengurus bayi memang sering kali membuat tubuh kelelahan hingga kurang tidur. Padahal jika kamu kurang istirahat dan kondisi psikologis yang tertekan, hal ini malah bisa membuat produktivitas ASI menjadi menurun. Karena itu, usahakanlah untuk menggunakan waktu yang ada untuk beristirahat dengan cukup. Saat bayi sedang tidur, kamu bisa menyempatkan waktu tersebut untuk tidur juga. Selain itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air setiap harinya secara rutin.

Agar tidak kekurangan asupan cairan, sebaiknya ibu menyusui membawa botol berisi air putih kemana pun, terutama bila bepergian jauh agar terhindar dari dehidrasi. Mulai sekarang, cobalah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi agar Mums dapat meningkatkan produksi ASI. Mums bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin serta mineral, seperti sayuran hijau, buah, daging, ayam, ikan, dan telur untuk membantu memperbanyak produksi ASI.

Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak asupan cairan dibandingkan orang dewasa lainnya. Agar produksi ASI lancar, Ibu harus mengonsumsi air putih sebanyak gelas sehari. Karena pada prinsipnya tubuh akan memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Jadi, jika Mommy rutin menyusui si kecil setiap 2-3 jam, payudara akan mengirim perintah ke otak untuk memproduksi ASI sebanyak dengan kebutuhan tersebut.

Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan waktu istirahat adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup. Tidur yang cukup akan dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar. Hal ini pun akan dapat menghindarkan ibu dari kemungkinan stress karena tekanan dan kurangnya waktu tidur yang akan berdampak pada stress yang sulit untuk dihindarkan.

About : Jaya