29 Dec, 2020

14 Cara Alami Memperbanyak Asi Dengan Cepat

Disana ibu dan ayah mendapatkan masukan secara teknis agar ASI tetap optimal. Jika ibu ingin memberikan ASI peras/pompa berikan ke bayi dg menggunakan sendok, bukan dot ! Saat ibu memberikan dg dot, maka anak dapat mengalami bingung puting . Apalagi pada saat bulan puasa umumnya tidak ada kegiatan makan dan minum di siang hari. Terlalu lelah menjalankan aktivitas harian akan mungkin membuat produksi ASI dalam tubuh ibu menyusui menjadi terkendala.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia , frekuensi menyusui yang baik adalah minimal 8-12 kali sehari untuk bayi yang masih mengonsumsi ASI ekslusif. Jika Anda sedang menyusui, Anda akan membutuhkan tambahan 500 kalori per harinya. Maka dari itu, konsumsi kalori perlu ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan kalori setiap harinya.

Tidak hanya itu, pijatan dapat pula mengurangi keluarnya hormon kortisol yang biasa dikeluarkan tubuh saat Anda mengalami stres. Dengan ditekannya hormon kortisol, pengeluaran hormon prolaktin dan oksitosin menjadi tidak terganggu. Selain makanan dan minuman alami, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa jenis suplemen agar ASI banyak dan kental. Namun, pastikan Anda telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak atau konsultan laktasi sebelum memutuskan untuk konsumsi suplemen apa pun pada saat menyusui. Sumber protein terbaik di antaranya adalah telur, kacang-kacangan, susu, keju, ayam, dan ikan. Selain itu, asupan vitamin dan mineral juga sangat diperlukan dalam masa menyusui.

Akan semakin baik lagi bila kelengkapan gizi dipersiapkan sejak masih dalam kehamilan. Dengan demikian, ibu sehat, tumbuh kembang bayi pun optimal. Mendengarkan suara si Kecil, memandangi tingkah lucunya, bahkan hanya sekadar memikirkannya juga bisa menjadi pemicu keluarnya hormon oksitosin. Untuk itu, berdekatan dengan bayi dapat meningkatkan produksi ASI. Oksitosin adalah salah satu hormon yang penting dalam proses menyusui, yang bertugas untuk mengatur kontraksi otot di sekeliling saluran ASI. Kelelahan maupun masalah-masalah psikologis pada ibu dapat menghambat kerja oksitosin.

Yang unik, jumlah ASi di dalam payudara ibu berdasarkan pada hukum tawar menawar. Semakin banyak jumlah yang dikonsumsi bayi, semakin banyak ibu menyusui maka tubuh akan memberikan perintah untuk terus memproduksi ASI. Saat satu payudara dihisap bayi, biasanya payudara yang satu juga akan menerima sinyal rangsangan untuk mengeluarkan susu. Dengan menyusui sambil pumping, maka produksi ASI yang dikeluarkan akan lebih banyak. Jika anak belum mau menyusu krn masih kenyang, perahlah / pompalah ASI.

Tips agar ASI melimpah

Cara menyiasatinya, Mums bisa mencuri waktu untuk tidur ketika si Kecil tertidur pula. Jika Mums bahagia dan beristirahat dengan cukup, maka produksi ASI pun tidak akan terhambat. Sedangkan anak saya kebutuhan minum-nya 500ml sehari bahkan terkadang bisa lebih dari itu. Padahal anak saya untuk makan, sudah 3x sehari, tidak lupa buah2an dan juga cemilan biskuit. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan anak saya, saya pumping dikantor sebanyak 3x dan dirumah pun saya sempatkan pumping 2x.

Sah-sah saja bila tetap ingin mengonsumsi jamu karena keyakinan ibu akan efektivitasnya. Atau, resep jamu menyusui tersebut sudah turun-temurun digunakan di keluarga dan terbukti khasiatnya, misalnya untuk meningkatkan produksi ASI. Berbagai hal akan dilakukan ibu menyusui agar produksi ASI melimpah. Salah satu cara yang kerap dilakukan adalah dengan minum jamu.

Hindari menggunakan dot dan botol susu, pada minggu pertama. Karena, jika bayi menyusu pada payudara ibu dan botol susu bergantian, akan membuat bayi bingung dan sulit untuk beradaptasi. bahagia by PixabayBanyak ibu menyusui yang memfokuskan Booster ASI melalui asupan makanan. Padahal seperti dilansir dari Doktersehat.com, produksi ASI juga dipengaruhi oleh kondisi psikologis sang ibu. Bila menyusui bayi dengan payudara kanan, maka pompa ASI sebelah kirinya. ASI pada pagi hari mengandung hormon kortisol yang berfungsi membuat bayi terjaga, sedangkan ASI malam hari mengandung melatonin yang dapat membuat si kecil mengantuk.

About : Jaya