28 Dec, 2020

10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Halaman All

Ikan salmon mengandung asam lemak omega three yang bermanfaat untuk perkembangan otak janin. Dan yang paling penting, kandungan merkurinya terbilang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah berwarna hijau ini kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan sangat baik untuk membantu pertumbuhan janin.

Selain itu, ubi jalar juga tinggi serat nabati yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama, mengurangi lonjakan gula darah, mencegah sembelit, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Ibu hamil harus konsumsi makanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi. Kebutuhan nutrisi dan energi tersebut bukan hanya penting untuk kesehatan ibu hamil, tapi juga tumbuh kembang janin dalam kandungan. Makanan yang baik untuk ibu hamil ini kerap disepelekan karena mudah ditemui, padahal telur mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Selain tinggi protein dan lemak, telur juga kaya akan kolin yang dapat membantu perkembangan otak anak. Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan setidaknya 1.200 mg kalsium setiap hari.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Biji dikenal sebagai sumber nabati yang sangat baik, termasuk memiliki serat, protein, zat besi, folat , dan kalsium. Makanan sehat untuk ibu hamil ini merupakan sumber protein yang menyediakan asam amino untuk ibu dan bayi. Telur mengandung lebih dari selusin vitamin dan mineral, termasuk kolin, yang baik untuk perkembangan otak bayi. Karbohidrat dibutuhkan untuk menjamin energi si ibu dan mendukung perkembangan bayi dan janin.

Ubi juga termasuk dalam makanan sehat yang wajib dikonsumsi Ibu saat hamil. Kandungan beta karoten yang terdapat di dalam ubi akan diserap dan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. AsparagusSayuran yang satu ini kaya akan Vitamin D yang tentunya sangat baik untuk ibu hamil. Asam Folat yang terkandung dalam asparagus juga penting untuk kesehatan jantung, lho. Sistem pencernaan Mum selama masa kehamilan pun bisa dijaga dengan mengonsumsi asparagus.

Merangkum dari Healthline, produk olahan susu mengandung dua jenis protein, yaitu kasein dan whey. Berikut adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, sebagaimana dilansir Times of India. Selama waktu ini, tubuh ibu hamil membutuhkan nutrisi tambahan untuk meningkatkan kesehatan bayi. Terbuat dari gandum utuh, sereal menjadi alternatif camilan sehat lain yang bisa Bunda konsumsi selama hamil. Manfaat buah apel sudah tak perlu diragukan lagi, termasuk untuk ibu hamil. Apel bisa dipanggang atau diolah dengan berbagai cara mudah untuk dijadikan camilan sehat.

Gandum utuh mengandung serat, vitamin, mineral, serta nutrisi lain yang baik untuk kesehatan kehamilan. Gandum utuh yang bisa diolah sebagai makanan sehat untuk ibu hamil misalnya oatmeal, gandum, atau quinoa. Saat hamil, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung protein dan kalsium diwajibkan guna menunjang tumbuh kembang janin. Susu dan produk olahannya seperti yoghurt dan keju baik untuk dikonsumsi karena mengandung protein dan kalsium yang cukup tinggi.

Dijadikan pecel, gado-gado atau salad sangat tepat untuk mengisi tenaga ibu hamil saat malas makan. Banyak faktor yang menyebabkan morning sickness, salah satunya perubahan hormon maupun stres. Beruntung saya sama sekali tidak mengalami morning illness selama kehamilan. Kondisi ini seringkali menurunkan nafsu makan ibu hamil bahkan membuat malas makan, terlebih karena berlangsung setiap hari.

Penambahan berat badan selama masa kehamilan sebaiknya berkisar antara kilogram. Ibu hamil sangat tidak disarankan untuk berdiet, apalagi food regimen ketat, karena asupan kalori yang terlalu rendah dapat mengakibatkan bayi lahir dengan berat badan rendah . Selain itu, asupan gizi yang tidak mencukupi dan tidak seimbang dapat mengganggu pertumbuhan saraf dan otak janin.

Susu dan produk susu, seperti yogurt dan keju – sumber protein tinggi yang bisa meningkatkan kesuburan. Terlalu banyak mengonsumsi susu bebas lemak dikhawatirkan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, dan tentunya mengganggu kesuburan wanita. Selain untuk memenuhi gizi bagi tubuh ibu hamil, makanan juga ditujukan bagi kebutuhan gizi janin di dalam kandungan.

About : Jaya